Saturday, August 4, 2012

Alam Juga Butuh Senyuman....

manusia adalah makhluk sosial yang butuh akan interaksi antara satu dengan yang lainnya. Sebagaimana kita dalam hubungan pertemanan dan permusuhan. Respon yang akan kita terima berbanding lurus ketika kita memberikan sinyal kepada mereka. Sinyal yang mengindikasikan kepada sesuatu yang kondusif akan diterima berupa respon yang kondusif pula. Begitu juga sebaliknya.

Interaksi manusia dengan yang lainnya tidak terbatas antara manusia dengan manusia. Dalam NDP salah satu pergerakan mahasiswa dijelaskan ada 3 interaksi, yaitu habl min Alloh, habl min nas dan habl min alam.

Kedua interaksi pertama mungkin sudah banyak dijelaskan dalam berbagai forum dan berbagai bidang studi yang berkaitan dengan interaksi tersebut. Disini penulis mencoba mengenalkan sudut pandang baru tentang interaksi yang terakhir, yaitu interaksi dengan alam (habl min alam)

sebagaimana telah terurai di atas, manusia butuh akan interaksi, dan selanjutnya manusia akan menerima respon yang berbanding lurus dg sinyal yang manusia berikan kepada lawan interaksinya. Pengertian alam adalah ma siwa Alloh. Sesuatu selain Alloh adalah alam, yang mencakup semua yang ada di antara langit dan bumi.

Manusia secara naluriah mempunyai sifat bagaima mereka mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka lakukan. Keuntungan itu berupa materi dan non materi yang bisa membawa manusia kepada suatu kondisi yang kondusif.

Sebagaimana ketika kita tersenyum dengan teman kita, kita akan menerima respon yang hangat yang bisa membawa sesuatu yang kondusif. Beda halnya ketika kita memberikan ekspresi marah ataupun gelisah, respon yang tidak kondusifpun akan kita terima.

Pertanyaannya bagaimana kita bisa mendapatkan sesuatu yang kondusif dari alam?
Dengan senyuman, penghargaan, posotif thinking dan ekspresi bahagia insya Alloh kita akan mendapatkan sesuatu yang manusia butuhkan.

Semoga mletik... Amien...
////asal nulis ja\\\\

No comments: